Cara Menyolder


 Pada goresan pena saya yang sudah saya sampaikan beberapa waktu kemudian di site ini yaitu wacana Cara Menyolder


Pada goresan pena saya yang sudah saya sampaikan beberapa waktu kemudian di site ini yaitu wacana pengenalan komponen elektro beserta fungsi dan kegunaannya, walaupun belum banyak  komponen yang belum saya jelaskan, tetapi bukan berarti teman tidak bisa melaksanakan praktek ibarat menyolder, merakit komponen dan seterusnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan wacana Cara Menyolder dengan cara yang sederhana dan gampang dipahami, sambil menunggu kelanjutan artikel saya wacana komponen dan kegunaannya.

Menyolder yaitu sebuah bab penting dalam dunia elektronika, dan hal ini merupakan satu kemampuan yang wajib teman miliki dalam berguru dan menekuni bidang ilmu elektronika. Begitu pentingnya sehingga bisa dikatakan sebagai kunci utama dalam keberhasilan merakit rangkaian. Agar mendapat hasil solderan yang anggun sering-seringlah  berlatih.

Belajar menyolder versi saya ini mengingatkan saya sewaktu masih di dingklik sekolah, sewaktu pelajaran praktek untuk yang pertama kali yaitu cara menyolder yang diajarkan oleh guru saya yang selanjutnya akan saya sampaikan ibarat dibawah ini

Berikut Langkah-langkahnya :
1. Siapkan kawat email ukuran sedang, bisa teman dapatkan dari bekas lilitan trafo atau yang lainnya
2. Bersihkan kawat email atau kawat tembaga dari lapisan dan kotoran dengan cara menggosok atau mengamplas permukaan kawat hingga halus.
3. Jepit  atau bentangkan saja kawat email tadi semoga tidak gampang bergerak ketika di solder
4. Solder seluruh permukaan kawat (lihat gambar dibawah)


 Pada goresan pena saya yang sudah saya sampaikan beberapa waktu kemudian di site ini yaitu wacana Cara Menyolder


5. Hasil solderan yang baik dan anggun yaitu tertutupnya seluruh bab kawat secara merata dan terlihat licin/mengkilap.

Catatan : Langkah -langkah diatas yaitu suatu cara awal semoga teman bisa memakai dan menguasai dengan baik alat kerja atau solder, sehingga teman tidak merasa kaku lagi ketika masuk ke tahap menyolder komponen yang sebenarnya.


Setelah teman melewati tahap tersebut diatas silahkan anda mencoba menyolder komponen. Sobat bisa saja pribadi merakit rangkaian sederhana contohnya lampu flip flop,  adaptor sederhana atau rangkaian sederhana lainnya. Namun apabila belum menguasai cara merakit rangkaian anda bisa mencoba melaksanakan penyolderan di PCB yang sudah ada lubangnya. Sebagai latihan pilih saja komponen resistor alasannya gampang didapat dan harganya murah. Silahkan anda bereksperimen untuk menghasilkan solderan yang bagus.

Untuk membantu dan mendukung akomodasi proses penyolderan pilihlah solder dengan daya antara 30-40 watt, dengan solder dengan watt sebesar itu juga sudah mencukupi untuk menyolder komponen aktif  yang tidak tahan panas berlebihan ibarat transistor dan IC. Walaupun solder yang teman miliki bukan jenis yang mahal jangan berkecil hati gunakan saja besi ujung solder/Tip yang kualitas anggun (banyak di pasaran)

Untuk menghasilkan hasil solderan yang baik dan benar yang perlu teman perhatikan adalah, ujung solder / Tip harus dalam keadaan higienis bila kotor bersihkan dengan sikat kawat. Gosok atau bersihkan bab yang akan di solder ibarat bidang PCB dan kaki komponen dengan amplas semoga timah gampang melekat. Dan cara menyolder tempelkan ujung solder yang sudah panas pada kaki komponen yang akan disolder kemudian tempelkan timahnya sesudah cukup angkat timah kemudian soldernya. Perhitungkan waktu ketika proses penyolderan pada komponen yang tahan panas dan komponen yang tidak tahan panas. Hasil yang anggun yaitu solderan terlihat licin dan mengkilap.

Demikian langkah berguru cara menyolder yang bisa saya sampaikan, selamat berlatih dan selalu semangat dalam berguru elektronika, semoga ada guna dan manfaatnya

Sumber http://www.edipurwanto2.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel