Cara Mencari Keyword Yang Sering Dicari

Cara mencari Keyword yang sering Dicari

Untuk mengetahui hal-hal yang paling diminati oleh pengunjung, kita sanggup memanfaatkan sejumlah tools yang beredar di Internet.

Dulunya, Google Adword Keyword Planner yaitu tools milik Google yang menjadi madonna untuk melaksanakan riset keyword, namun semenjak terakhir kali saya mencoba tools ini di pertengahan 2016 lalu, tools ini sudah tidak lagi sanggup dipakai secara gratis dan mewajibkan orang yang ingin memakai tools ini untuk beriklan terlebih dahulu, gres kemudian mereka (Google) memperbolehkan pengguna untuk sanggup memakai tools ini.



Dengan mengetahui riset keyword, Anda akan mendapat sejumlah laba berikut ini:
  • Anda sanggup menyusun taktik yang sempurna untuk membangun website Anda ke arah yang benar
  • Mengetahui keyword yang paling banyak dicari di search engine, sehingga Anda tidak perlu repot-repot membuang waktu Anda untuk menciptakan artikel yang tidak berpotensi mendatangkan visitor
  • Mengetahui tingkat persaingan dari suatu keyword
  • Anda akan mendapat rekomendasi keyword yang sempurna untuk penulisan judul artikel yang Anda buat
  • Dan masih banyak manfaat lainnya
Setelah melihat sejumlah manfaat diatas, rasanya tidak ada alasan untuk tidak melaksanakan riset keyword.

Adapun beberapa tools yang saya maksud disini yaitu sebagai berikut:

1. Google keyword suggestion
hal yang paling diminati oleh pengunjung Cara mencari Keyword yang sering dicari
Google keyword suggestion merupakan sebuah algoritma Google yang memungkinkan pengguna untuk melihat saran-saran keyword yang mungkin akan diketikan oleh pengguna, sehingga mereka (pengguna) tidak perlu repot-repot mengetikan keyword secara manual.

Sebagai contoh, pada dikala Anda ingin mengetikan keyword "Cara berguru bahasa inggris", hanya dengan mengetikan "cara belajar" saja di kotak pencarian, Google secara otomatis akan meng-generate sejumlah keyword yang yang diawali dengan "cara belajar".

Nah, inilah yang disebut dengan Google keyword suggestion

Dalam penggunaannya untuk mengetahui apakah sebuah keyword sering dicari atau tidak, pertama, silahkan kunjungi halaman homepage Google, kemudian ketikan keyword yang ingin Anda analisis, jikalau Google memperlihatkan auto suggestion-nya, maka sanggup dikatakan bahwa keyword tersebut cukup sering dicari oleh pengguna search engine, begitupula sebaliknya.

Tapi, berdasarkan saya pribadi tools yang satu ini mempunyai fitur yang tidak begitu memuaskan untuk melaksanakan riset keyword, mengingat tools ini tidak memunculkan volume pencarian, dan keyword yang disarankan juga tidak begitu banyak, dimana tools ini hanya akan memunculkan 4 buah keyword rekomendasi

Maka dari itu, jikalau Anda tidak terlalu puas dengan performa tools ini, silahkan coba beberapa tools dibawah ini.

2. Google related search
hal yang paling diminati oleh pengunjung Cara mencari Keyword yang sering dicari
Hampir sama dengan Google keyword suggestion, tools ini juga merupakan tools riset keyword sederhana milik Google yang bekerja dengan memperlihatkan keyword-keyword yang paling sering diketikan oleh orang-orang pada dikala berselancar di dunia maya. Sama menyerupai halnya Google keyword suggestion, Google related keyword tidak akan muncul jikalau suatu keyword jarang dipakai oleh pengguna internet.

Dengan kata lain, keyword-keyword yang tertulis ketika Google related keyword muncul yaitu keyword yang mempunyai volume pencarian yang tinggi.

Hanya saja, berbeda dengan Google keyword suggestion yang pribadi memperlihatkan suggestion keyword pada dikala pengguna sedang mengetikan keyword di mesin pencari, Google related keyword hanya akan muncul jikalau pengguna telah berhasil me-load daftar situs yang merupakan hasil pencarian dan Google related keyword sanggup ditemukan di pecahan bawah halaman hasil pencarian.

Jumlah rekomendasi keyword yang akan muncul pada dikala memakai tools ini hanyalah berjumlah 8 buah (maksimal), dan Anda tidak akan sanggup melihat volume pencarian hanya dengan memanfaatkan tools ini.

3. Google Trends
hal yang paling diminati oleh pengunjung Cara mencari Keyword yang sering dicari
Ingin menciptakan blog isu tapi tidak tahu apa topik yang sedang viral dikala ini? Gunakan tools ini dan dapatkan ribuan pengunjung yang mengunjungi situs Anda!

Google Trends yaitu sebuah sub-situs milik Google yang dibentuk untuk mempermudahkan pengguna internet untuk mengetahui apa yang sedang hot dikala ini, sehingga mereka (pengguna internet) selalu up-to-date dan tidak ketinggalan jaman.

Dengan memakai tools ini, Anda akan mendapat sejumlah manfaat, apa saja itu? berikut diantaranya:
  • Mengetahui keyword yang paling banyak dicari di tahun-tahun tertentu (Kunjungi halaman untuk mencoba fitur ini: Visit)
  • Mengetahui keyword yang paling banyak dicari hari ini atau baru-baru ini (Kunjungi halaman untuk mencoba fitur ini: Visit)
  • Mengetahui video yang paling banyak dicari di YouTube hari ini (Kunjungi halaman untuk mencoba fitur ini: Visit)
  • Dan beberapa fungsi lainnya.
Sebut saja saya mencoba tools untuk mengetahui keyword yang paling banyak dicari di tahun 2015, disini saya menyadari bahwa keyword yang paling banyak dicari oleh netizen untuk niche "Apa itu?" yaitu "Apa itu Baper?", "Apa itu Begal?" dan lain sebagainya.

hal yang paling diminati oleh pengunjung Cara mencari Keyword yang sering dicari
Dengan menciptakan artikel dengan judul-judul tersebut, dan Anda mendapat kesempatan untuk muncul di halaman pertama Google, sanggup dipastikan akan ada ribuan pengunjung yang akan pengunjung situs Anda, walaupun hanya dengan satu artikel. Mengingat tools ini disebut-sebut hanya mau meng-generate keyword yang mencapai lebih dari seribu pencarian per harinya di search engine.

4. Wordsteam suggestion tool
hal yang paling diminati oleh pengunjung Cara mencari Keyword yang sering dicari
WordSteam yaitu salah satu situs yang memperlihatkan layanan riset keyword yang diminati oleh banyak orang, sebab selain gratis, walaupun diblur, kita sanggup melihat volume pencarian dari suatu keyword, dan melihat, apakah keyword tersebut berpotensi untuk mendatangkan visitor atau tidak.

Interface tools ini juga gampang untuk dimengerti, hanya dengan mengetikan suatu keyword, kita sanggup menganalisis potensi yang dimiliki suatu situs.

Situs ini juga memungkinkan Anda untuk melihat Google search volume (estimasi volume pencarian keyword di Google), WS Search Volume, dan Competition (tingkat persaingan). Dengan syarat, Anda harus bergabung dan membayar biaya yang telah ditetapkan, jikalau tidak, data-data tersebut akan diblur.

Namun Anda tidak usah khawatir, sebab Anda diberikan kesempatan untuk mencoba kemutahiran tools mereka selama 20 hari masa trial. Setelah 20 hari telah berakhir, data-data tersebut akan kembali diblur dan Anda akan dibatasi untuk memakai tools ini, dimana Anda hanya diberikan sebanyak 30 kali percobaan dalam memakai tools ini dalam seharinya. Namun, Anda masih sanggup mengakali limit ini dengan membersihkan cache dan mengganti alamat IP (dapat dilakukan dengan merestart modem, connect--> disconnect)

Nah, jikalau Anda ingin tau dengan kinerja dari tools ini, Anda sanggup melihat screenshoot dibawah ini:

hal yang paling diminati oleh pengunjung Cara mencari Keyword yang sering dicari
Setelah saya mengetikan keyword pada pecahan "Enter a keyword", saya mendapat hasil yang menunjukan bahwa "belajar" yaitu keyword yang paling sering digunakan, diikuti dengan "cara belajar", "belajar inggris", "belajar bahasa", dan seterusnya.

Karena disini saya tidak melaksanakan login atau membayar biaya subcribe, saya hanya memakai tools secara gratis, sehingga pecahan Google search volume, WS search volume, dan Competition menjadi blur.

Well, setidaknya saya sanggup sedikit menerawang bahwa volume pencarian untuk keyword "Cara belajar" mempunyai potensi untuk mendatangkan belasan, sampai puluhan ribu pengunjung per bulannya, dilihat dari banyaknya digit angka yang terlihat pada angka blur tersebut.

5. Melihat widget popular post
hal yang paling diminati oleh pengunjung Cara mencari Keyword yang sering dicari
Berbeda dengan tools-tools sebelumnya, pada metode ini kita hanya bermodalkan blogwalking, dan mencari tahu apa artikel yang banyak dicari orang-orang berdasarkan apa yang tertulis pada widget Popular Post.

Popular post yaitu sebuah widget yang tersedia di hampir semua platform blog, baik itu Blogger, Wordpress, Drupal, Tumblr, dan masih banyak platform lainnya. Sama menyerupai namanya, widget yang satu ini memperlihatkan artikel-artikel yang paling banyak dicari di suatu situs, semakin keatas posisi sebuah artikel di widget popular post, semakin besar pula jumlah pengunjung yang mengunjungi situs tersebut.

Dan jikalau Anda yaitu seorang blogger, saya yakin sahabat tau apa itu popular post...

Mencari sebuah situs yang mempunyai widget popular post secara manual mungkin yaitu hal yang merepotkan, hal ini dikarenakan ada banyak situs yang mengetahui jikalau mereka memasang widget tersebut, maka akan ada banyak pesaing yang mencoba menciptakan artikel serupa, dan jikalau hal tersebut terjadi, maka persaingan akan semakin tinggi dan ada kemungkinan kalau artikel mereka akan karam di halaman pencari.

Untuk mempermudah pencarian situs yang mempunyai widget popular post, ada suatu teknik yang sanggup dilakukan untuk mempermudah pencarian situs, dan teknik tersebut yaitu teknik yang memanfaatkan footprint.

Saya disini tidak akan menjelaskan secara mendetail apa yang dimaksud dengan footprint, namun secara singkat, footprint adalah suatu teknik dimana kita mencari 'sesuatu' dengan memanfaatkan kata-kata/script yang hanya pada suatu situs dengan kriteria tertentu.

Adapun footprint yang biasa saya gunakan untuk mencari situs yang mempunyai popular post yaitu sebagai berikut:
  • {keyword} + popular post
  • {keyword} + artikel terpopuler
  • {keyword} + sering dibaca
  • site:.blogspot.co.id + {keyword} + popular post
  • site:.blogspot.co.id + {keyword} + artikel terpopuler
  • site:.blogspot.co.id + {keyword} + sering dibaca
  • site:.blogspot.com + {keyword} + popular post
  • site:.blogspot.com + {keyword} + artikel terpopuler
  • site:.blogspot.com + {keyword} + sering dibaca
Untuk memakai footprint tersebut, Anda hanya harus meng-copy paste keyword tersebut ke mesin pencari. Jangan lupa, ganti {keyword} dari niche yang ingin kalian ketahui artikel yang populer-nya.

Contoh:

Saya mengetikan keyword "site:.blogspot.co.id download game popular post" (menggunakan template footprint "site:.blogspot.co.id + {keyword} + popular post"). Maka, search engine akan memunculkan hasil pencarian menyerupai yang terlihat pada screenshoot dibawah ini:

hal yang paling diminati oleh pengunjung Cara mencari Keyword yang sering dicari
Hanya dengan melihat hasil pencarian tersebut, saya sudah yakin bahwa semua situs tersebut mempunyai widget popular post, dan keyakinan tersebut tiba dari hasil pencarian yang menunjukan bahwa Popular Post muncul di pecahan deskripsi.

Jika Anda tidak percaya, silahkan Anda coba sendiri.

6. Ubbersuggest
hal yang paling diminati oleh pengunjung Cara mencari Keyword yang sering dicari
Ubbersuggest yaitu salah satu situs yang menyediakan layanan riset keyword yang telah support bahasa Indonesia. Interface situs ini sendiri cukup gampang dimengerti, bahkan hanya dengan sekali melihat tampilan situs ini, saya yakin Anda akan mengerti dengan bagaimana prosedur kerja tools ini.

Setelah Anda mengunjungi situs ini, Anda hanya perlu mengetikan keyword yang ingin Anda analisis pada pecahan "Enter Your Keyword". Setelah itu, situs ini akan mulai melaksanakan analisis, proses ini hanya akan memakan waktu beberapa waktu saja.

Kemudian, sesudah analisis telah selesai, situs ini akan mengurutkan keyword yang biasa diketikan di search engine berdasarkan abjad, dari a-z, dan dari 0-9, menyerupai yang terlihat pada screenshoot dibawah ini:

hal yang paling diminati oleh pengunjung Cara mencari Keyword yang sering dicari

Sayangnya, tools ini tidak sanggup memperlihatkan kita seberapa besar volume visitor yang memakai keyword ini pada dikala berselancar di Internet.

Namun sebagai gantinya, Anda sanggup menyimpan keyword-keyword yang digenerate situs ini kedalam bentuk csv (exel) dan text yang sanggup dicopy-paste dengan mudah.

hal yang paling diminati oleh pengunjung Cara mencari Keyword yang sering dicari
Keyword yang selesai dianalisis kemudian sanggup disimpan dalam bentuk text, yang kemudian sanggup dicopy-paste dengan mudah

7. Keywordshitter
hal yang paling diminati oleh pengunjung Cara mencari Keyword yang sering dicariIngin tools riset keyword dengan tampilan yang super minimalis, gak berat, dan gak pake repot dalam pemakaiannya? Maka keywordshitter yaitu jawabannya.

Yup, keywordshitter dirancang sedemikian rupa dengan tampilan yang begitu minimalis, hanya terdapat satu button dan satu form input didalam situs ini.

Walaupun begitu, performa situs ini dalam melaksanakan riset keyword tidak sanggup diremehkan begitu saja, sebab walaupun tampilannya menyerupai ini, keywordshitter bisa untuk menganalisa keyword dari segala bahasa.

Dalam penggunaannya, Anda hanya perlu menginputkan sebuah keyword (dapat lebih dari satu, satu keyword dengan keyword lainnya dipisahkan dengan enter) dan tekan Shit Keywords!.

hal yang paling diminati oleh pengunjung Cara mencari Keyword yang sering dicari
Dengan memakai keyword tunggal "belajar", saya mendapat lebih dari 300+ rekomendasi keyword dengan memakai KeywordShitter

Selanjutnya, keyword yang paling sering diketikan orang-orang akan mulai bermunculan. Semakin banyak keyword yang muncul, itu akan menjadi mengambarkan bahwa keyword tersebut berpotensi untuk mendatangkan pengunjung dalam jumlah yang besar.

8. KeywordToolIo
hal yang paling diminati oleh pengunjung Cara mencari Keyword yang sering dicari
Kurang lebih, KeywordtoolIo mempunyai cara penggunaan dan fungsi yang sama dengan tools yang saya jelaskan diatas, akan tetapi, situs ini mempunyai pilihan riset keyword yang lebih banyak, dimana kita sanggup menentukan search engine apa yang ingin kita analisis, entah itu Google, YouTube, Bing, Amazon, ataupun Appstore.

Dengan memanfaatkan situs ini pula, Anda sanggup melihat search volume, CPC, dan Adwords Competition. Hanya saja, fitur-fitur ini hanya akan tersedia jikalau Anda berlanggan sebagai pengguna pro (ber-subcribe), dan untuk melaksanakan hal ini, Anda harus merelakan setidaknya $68 per bulan untuk paket Pro Basic, yang merupakan paket termurah untuk bergabung sebagai subriber pro.

Berikut adalah screenshoot yang saya sanggup dari hasil penggunaan tools ini:

hal yang paling diminati oleh pengunjung Cara mencari Keyword yang sering dicari
Jika Anda ingin, Anda juga sanggup meng-export keyword yang telah diriset ke penyimpanan lokal Anda dengan mengklik tombol Export all, kemudian pilih format file yang ingin Anda gunakan, CSV atau Exel.

9. Kwfinder
hal yang paling diminati oleh pengunjung Cara mencari Keyword yang sering dicariTerakhir, ini yaitu tools favorit saya dalam melaksanakan riset keyword, dimana walaupun situs ini sanggup dipakai secara gratis, mereka tidak terlalu membatasi fitur-fitur yang diberikan, tidak menyerupai halnya tools-tools yang saya berikan diatas.

Situs ini sendiri tampaknya masih tergolong gres jikalau dibandingkan situs-situs yang saya rekomendasikan diatas, dimana situs ini gres diluncurkan pada pertengahan tahun 2014 yang lalu, sehingga hanya sedikit ada orang yang mengetahui keberadaan situs ini, terutama di Indonesia.

(Walaupun pada dikala saya menuliskan artikel ini, situs ini telah menempati peringkat 30,000-an untuk Alexa rank Global)

Interface situs ini juga nampak yummy untuk dipandang. Tak hanya tampilannya, fitur yang dihadirkan di situs ini juga tak kalah mantapnya.

Dalam memakai situs ini dengan tujuan riset keyword, kita hanya diminta untuk mengetikan keyword, lokasi Anda, dan bahasa yang ingin digunakan.

Saya sendiri menyarankan untuk menentukan Anywhere untuk lokasi dan Any language untuk Bahasa yang digunakan, ini bertujuan semoga cangkupan keyword yang didapatkan lebih luas, terkecuali jikalau Anda ingin melaksanakan riset pada keyword berbahasa Indonesia saja, sah-sah saja untuk menentukan Indonesian pada pilihan bahasa, sedangkan untuk lokasi, silahkan pilih Anywhere, mengingat lokasi Indonesia belum dimasukan kedalam situs ini.

hal yang paling diminati oleh pengunjung Cara mencari Keyword yang sering dicari

Nah, sesudah Anda menjalankan situs ini, inilah tampilan yang akan Anda dapatkan:

hal yang paling diminati oleh pengunjung Cara mencari Keyword yang sering dicari
Seperti yang Anda lihat dari gambar diatas, Dengan memakai tools ini, kita sanggup melihat statistik suatu keyword secara mendetail, bahkan berdasarkan saya pribadi, tools ini bahkan mengalahkan Google Adwords Keyword Planner dalam hal keefektifan.

Adapun beberapa hal yang sanggup kita dapatkan dengan memakai tools ini untuk melaksanakan riset keyword yaitu sebagai berikut:
  • Statistik perkembangan pencarian di search engine, apakah keyword tersebut semakin banyak dicari atau sebaliknya
  • Volume pencarian keyword per bulannya
  • Estimasi CPC (Cost per Click)
  • PPC
  • DIFF atau tingkat persaingan pada suatu keyword
  • Situs situs yang menempati peringkat teratas di Google SERP
  • Melakukan import keyword yang telah dianalisis
Sayangnya, jikalau Anda memakai situs ini tanpa modal, alias gratisan, Anda akan mendapat suatu batasan pada laporan yang diberikan, dimana hanya ada 25 keyword terkait dari keyword yang Anda masukan.

Dan untuk menghilangkan batasan ini, Anda harus menyiapkan budget untuk mengupgrade status akun Anda.

cc:https://sekolahblogger.net
Sumber https://mastahndasmu.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel