Aksi Anak Aktif Bikin Lebam? Atasi Dengan #Aksiflashbunda

Salim bermain halang rintang 


Bruk! Huwaaa....
Punya 3 anak lelaki yang aktif menciptakan saya sering mendengar suara-suara itu setiap hari. Kalau bukan sebab jatuh, ya sebab sedang pukul-pukulan atau berkelahi.

Memang benar, badan anak lelaki itu tidak bisa steril dari lebam. Mereka akan mengalami lebam semenjak bisa berguling di kasur. Ya kira-kira usia 6 bulan ke atas. Jatuh dari kasur ialah kecelakaan pertama yang biasanya dialami oleh bayi.

Nah, sehabis mereka bisa merangkak, berdiri, berjalan, dan berlari, akan lebih banyak lagi "kecelakaan" yang dialami. Saya bukan menakut-nakuti ya, tapi memang benar. Walaupun seorang ibu atau pengasuh anak sudah benar-benar memperhatikan si kecil hingga susah mau ke kamar mandi, tetap saja ada insiden kecelakan kecil yang tak terhindari.

Main flying fox gak takut lebam 

Beberapa kecelakaan yang menimpa bawah umur saya ini, sulit saya lupakan sebab dulu memang menciptakan panik bukan main. Kaprikornus benar ya, seorang ibu juga harus mempunyai kemampuan mengobati. Ibu ialah dokter rumah yang menawarkan santunan pertama pada kecelakaan. Setidaknya, ibu harus tahu bagaimana menangani luka atau sakit pada anak sebelum dibawa ke dokter klinik atau rumah sakit.

Ismail Jatuh dari Mobil-mobilan
Di usia 2 tahun, Ismail jatuh dari mobil-mobilan yang dinaikinya. Saat itu saya berada sekitar 200 meter di belakangnya. Saya mengawasinya bermain, tapi tiba-tiba ia jatuh. Wah panik sekali melihatnya terluka. Beberapa lebam muncul di tubuhnya ibarat dengkul dan jidat. Sedangkan giginya patah dan berdarah.

Saya menyesal sekali sebab posisi saya kurang erat dengannya. Tapi belakangan saya menyadari bahwa yang namanya kecelakaan pada bawah umur memang sulit dihindari sebab badan mereka masih kurang koordinasi. Istilahnya, remnya belum kencang untuk meminimalisir jatuh. Sebagai ibu ya kiprah kita selanjutnya ialah segera menawarkan santunan pertama.

Sidiq Jatuh dari Tangga Rumah Tetangga 
Kali ini adiknya Ismail yang ketika itu berusia sekita 1 tahun dan gres bisa jalan. Kami sedang duduk di depan gang, ibarat biasa kalau pagi saya mengajak bawah umur jalan-jalan. Di samping daerah saya duduk itu, sekitar 100 meter ada rumah tetangga yang sepi sebab semuanya sedang pergi.

Sidiq melompat tinggi pun gak takut lebam

Rumahnya gres saja dipasangi tangga untuk naik ke teras, sebab posisi rumahnya itu lebih tinggi dari jalan. Tangganya sih tidak tinggi, tapi rupanya ancaman juga kalau anak umur setahun itu naik tangga dan itu ialah anak saya yang eksklusif menggelinding ke bawah sebab tangganya licin.

Nangis? Sudah tentu. Tapi yang bikin cemas ialah luka di dahinya yang cukup parah. Malah sempat dikira bekasnya tak akan hilang. Alhamdulillah, tidak berbekas meskipun dulu hilangnya lama.

Salim Jatuh dari Motor 
Setiap harinya, saya menjemput bawah umur pulang sekolah. Salim, anak bungsu saya, duduk di depan. Suatu ketika, kami mengalami kecelakaan ringan. Jatuh dari motor akhir jalanan licin bekas hujan. Alhamdulillah, kakak-kakak Salim yang duduk di belakang, tak mengalami cidera apa pun. Hanya saya dan Salim yang mengalami luka lebam di tangan dan kaki.

Salim menangis dan sedikit trauma. Kalau hujan dan jalanan licin, ia niscaya akan melarang saya mengendarai motor terlalu cepat. Luka lebamnya juga tidak mengecewakan banyak ya meskipun lebih banyak saya. Intinya, kecelakaan sanggup terjadi di mana saja dan kapan saja. 

Nah, itu gres tiga kisah wacana kecelakaan yang menimpa bawah umur saya ketika sedang bermain dan beraktivitas. Aslinya ya masih banyak dongeng lain yang juga menciptakan mental saya sebagai ibu semakin kuat. Seprotektif apa pun kita berusaha menjaga anak-anak, niscaya ada saatnya kecolongan. Yang penting kita tahu bagaimana cara menawarkan santunan pertama. 

Biasanya kalau terjatuh itu bawah umur akan mengalami memar atau lebam yang terjadi akhir pecahnya pembuluh darah. Luka tersebut berwarna kemerahan bahkan biru, yang terasa sakit dan berdenyut. Pastinya Ibu tak tahan dong mendengar anak menangis dan rewel akhir lebam.

Saya saja yang mengalami lebam akhir jatuh dari motor itu mencicipi kesulitan berjalan akhir luka lebam di area paha dan kaki.  Kalau tidak diobati, ya niscaya akan mengganggu kegiatan dan menciptakan badan tak nyaman.

Berikut #AksiFlashBunda untuk menawarkan santunan pertama pada luka lebam: 

Kompres Lebam dengan Air Dingin
Saya sering melihat adegan di film-film ketika terjadi lebam sebab terjatuh, mereka akan eksklusif meletakkan kain yang diisi dengan es kerikil ke atas luka tersebut. Ternyata benar lho, air cuek sanggup meredakan luka lebam sebab menghentikan terjadinya pendarahan di bawah kulit.

Kompres Lebam dengan Air Hangat 
Hari berikutnya, kompres lebam dengan air hangat untuk melancarkan peredaran darah sehingga tidak akan membeku di bawah kulit.

Oleskan Thromboflash 
Nah, kalau ingin lebih cepat mengobati lebam sebab si kecil sangat rewel akhir lukanya terasa menyakitkan, lakukan #AksiFlashBunda yaitu dengan mengoleskan Thromboflash.

Bahan aktifnya ialah HEPARIN SODIUM 200 IU yang berfungsi untuk melarutkan gumpalan darah di bawah kulit akhir lebam, mengurangi peradangan, juga melancarkan peredaran darah biar memarnya lekas hilang.


Cara pemakaiannya cukup dengan mengoleskan tipis-tipis Thromboflash sebanyak 2-3 kali sehari pada lebam. Atau bisa juga dioleskan di kain kasa, kemudian kain kasanya ditempelkan pada luka lebam. Jangan digosok-gosok pada lukanya ya, cukup dioleskan saja. Juga jangan dioleskan pada luka yang terbuka, semisal darahnya keluar atau ada goresan. Thromboflash untuk luka dalam/memar/lebam. 

Oleskannya tipis-tipis saja ya sebab ini obat keras dan hanya untuk pemakaian luar. Jangan dimakan atau diminum. Simpan pada suhu di bawah 30 derajat celsius dan jikalau kemasannya sudah dibuka, maka hanya boleh digunakan tidak lebih dari 24 bulan.

Proses penyembuhannya berapa usang tergantung pada besar kecilnya luka. Pada umumnya, dalam waktu seminggu itu luka lebam sudah membaik. Thromboflash ini ada 2 ukuran yaitu 10 gram dan 20 gram.

Harga dan Tempat Membeli 
Saya membeli Thromboflash dengan ukuran 10 gram seharga Rp 37.000 di apotik K-24.

Thromboflash HALAL 
Berhubung saya seorang muslim, maka jikalau ada dua produk dengan manfaat yang sama tapi yang satu ada label halal dan yang satu belum ada label halalnya, saya akan menentukan produk yang sudah ada label halalnya.

Logo Halal 


Apalagi kandungan Heparin dalam obat lebam ini bisa berasal dari 2 sumber yang diekstrak dari mucosa hewan. Yaitu, Porcine (diekstrak dari mucosa binatang babi) dan Bovine (diekstrak dari mucosa binatang sapi.

Nah, Thromboflash ini terbuat dari Heparin yang mengandung Bovine. Thromboflash telah bersertifikasi HALAL sehingga kondusif dan nyaman untuk pengguna yang muslim ibarat saya.

Dikarenakan seringnya terjadi kasus jatuh ibarat 3 kasus di atas di dalam keluarga saya, maka Thromboflash wajib ada di kotak P3K. Untuk berjaga-jaga bila suatu ketika dibutuhkan. Thromboflash ialah sahabat keluarga dan bikin kita gak takut lebam.






Sumber https://leylahana.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel