Kebaikan Astra Untuk Bangsa
Brum brum brum …
Ayah pergi ke kantor dengan hondanya.
Saya teringat semasa masih sekolah dulu, diajari wacana majas memakai pola kalimat di atas. Kata “honda” menggantikan “sepeda motor” dan dianggap sebagai istilah umum. Ini menandakan bahwa honda merupakan merek kendaraan popular. Kendaraan roda dua ini merupakan buatan PT Astra Honda Motor (AHM) yang bertagline “One Heart” kolam simbol bahwa semua orang sehati menyukainya. AHM sendiri berada di bawah paying besar Astra Group.
Astra yang lebih dikenal sebagai perusahaan produsen otomotif terkemuka memang selalu menciptakan sesuatu yang berkualitas. Upayanya sebagai penginspirasi pembangunan dibuktikan dengan kiprahnya yang tidak hanya mengejar profit, namun juga memikirkan bagaimana kontribusinya untuk pembangunan bangsa Indonesia. Ini sesuai dengan visi Astra 2020, yakni penerapan strategic triple roadmap yang artinya menumbuhkan porfolio bisnis, sumber daya insan dan donasi sosial serta lingkungan secara berimbang.
Ibarat pohon yang ditanam pada 20 Februari 1957, Astra sekarang tumbuh sebagai pohon besar yang batang, ranting, daun, bunga dan buahnya sanggup dipetik dan bermanfaat bagi banyak orang. Tidak hanya bab badan sang pohon yang hidup, dedaunannya yang gugur pun memberi banyak laba bagi sekitarnya. Langkah nyatanya diterapkan dalam SATU INDONESIA, singkatan dari Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia. Kontribusi publiknya pada 2 lingkup yakni pembangunan berkelanjutan di bidang lingkungan dan sosial masyarakat. Keduanya dinyatakan dalam kebijakan yang terukur dan terangkum dalam Astra Green Company (AGC) dan Astra Friendly Company (AFC).
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan investasi Astra demi kelanjutan pertumbuhan perusahaan. Ini demi reputasi perusahaan biar mempunyai gambaran positif dalam masyarakat. CSR Astra mempunyai 4 pilar kegiatan yang mencakup lingkungan hidup; aktivitas pemberdayaan; ketenagakerjaan, kesehatan dan keselamatan kerja; serta pengembangan sosial dan kemasyarakatan.
Salah satu misalnya yaitu pewujudan Kampung Berseri Astra (KBA) di Surabaya pada Juli 2017 lalu. Tujuan CSR ini untuk membuatkan sumber daya masyarakat melalui peningkatan kualitas lingkungan di 3 Rukun Tetangga (RT) pada 324 Kepala Keluarga (KK). Harapannya biar ada peningkatan kualitas ekonomi dalam masyarakat. Agar berseri kampungnya, berseri warganya, dan berseri kehidupan ekonominya, dibuatlah mandi, cuci, kakus (MCK) Komunal dan Water Treatment, serta rumah jamur di daerah pinggiran Surabaya. MCK Komunal dan Water Treatment menciptakan masyarakat Kota Pahlawan ini tidak lagi kesulitan mendapat air oleh alasannya sebelumnya air PDAM setempat hanya mengalir di malam hari. Pun kehadiran rumah jamur yang bisa meningkatkan perekonomian.
Kebaikan Astra untuk bangsa ini juga ditunjukkan dalam proses produksi dan operasional yang ramah lingkungan dengan mengendalikan dan meminimalisasi konsumsi energi, air, serta penggunaan sumber daya alam lainnya. Juga pembuatan Astra Forest yang merupakan daerah hutan terpadu seluas 200 hektare yang menjadi tempat berguru kehutanan, keanekaragaman hayati, serta pendidikan lingkungan wacana hutan tropis Indonesia. Pun Astra Green Lifestyle (AGL) dengan semboyan "Kenali-Lakukan-Ajarkan" yang bertujuan mengkampanyekan gaya hidup ramah lingkungan dengan cara menciptakan acara Jakarta Green Run (JGR), festival lingkungan dan pengumpulan 40.000 bibit pohon.
Pada pemberdayaan masyarakat, ada pelatihan di bidang manajemen, teknologi, saluran pasar, kemudahan pembiayaan, dan teknologi isu melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA). Lebih dari 8000 Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) dibina dengan dana lebih dari 7 milyar lewat yayasan ini. selain itu, masih ada 7 yayasan lainnya yang turut andil dalam meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia, utamanya di bidang pendidikan, pengembangan sumber daya manusia, dan lingkungan hidup.
Di bidang kesehatan, Astra mempunyai Mobil Kesehatan Astra (Mokesa) sebagai pinjaman pengobatan gratis untuk masyarakat di sekitar instalasi Astra. Ada layanan kesehatan gratis ibarat investigasi dasar, investigasi darah, dan investigasi gigi. Juga ada Pembinaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang didukung teknologi isu yang canggih demi memantau detail status perkembangan gizi anak dan kesehatan lainnya. Pun #generAKSISEHATIndonesia yang mengajak masyarakat berkomitmen menjalankan hidup sehat demi masa depan yang lebih baik.
Berhubungan dengan kendaraan dan keselamatan di jalan, CSR Astra menciptakan program bertajuk “Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas”. Diharapkan dengan kampanyekan aktivitas tertib kemudian lintas dan berkendara ini sanggup menurunkan angka kecelakaan kendaraan bermotor di Indonesia. Bentuk programnya dengan sosialisasi keselamatan berlalu lintas melalui pembagian buku dan booklet cara kondusif berlalu lintas, melalui talkshow di radio dan melalui Astra Berbagi Ilmu yang mendatangi aneka macam sekolah untuk mendidik para siswa biar sanggup kondusif berlalu lintas.
Ini masih sekelumit kebaikan Astra untuk bangsa Indonesia. Semoga komitmennya sebagai penginspirasi pembangunan sanggup terus berjalan. Dengan SATU INDONESIA, Astra sanggup menjadi pohon yang rindang dan berkhasiat bagi banyak orang. Namanya tidak hanya dikenal sebagai perusahaan terkenal, namun juga CSR yang baik dan berkontribusi besar bagi bangsa ini.