Internet Marketing Bukan Sekedar Iklan


Apa yang terjadi di masa depan, hanya Allah yang tahu. Kita sebagai insan sekedar menerka dan mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi. Apa yang dikatakan oleh peramal, baik itu dukun atau dari ramalan bintang, bukanlah patokan. Sedikit saja kita berusaha, masa depan akan berubah. Apalagi bila perjuangan sangat maksimal, hasil terbaik yang pasti didapat.


Pun apa yang terjadi pada diri saya. Siapa yang mengira saya bisa berjualan tas dan dompet impor? Yang mengenal saya sedari kecil pasti tidak akan percaya. Terlebih bila mereka memandang saya sebagai sosok yang sangat kasual dan tidak mengenal fashion. Juga tidak banyak bicara dan anti neko-neko. Gaya hidupnya juga flat.

Semasa sekolah, hanya ada 1 tas yang digunakan hingga rusak kemudian barulah beli lagi. Dompet? Sama sekali tidak punya. Karena dalam ekonomis saya, uang cukup simpan dalam saku. Menginjak kursi kuliah, dimana para mahasiswi mulai mengoleksi tas dan dompet cantik, saya hanya termangu dikala ikut teman-teman belanja. Uang saku saya tidak banyak, lebih suka membeli makanan daripada gonta-ganti tas. Begitu pula dikala sudah bekerja. Walau punya uang sendiri, namun tidak ingin mengekor teman-teman yang maniak Charles and Keith, Christian Dior, Louis Vuitton, Michael Kors, tapi beli yang KW alias palsu namun harganya masih wow.

Sekadar tas atau dompet, tapi harganya ratusan ribu? Buat apa, sih? Toh beli yang murah asal abadi juga sama saja,” itu pikir saya kala itu.

Hingga saya ingin menghadiahkan tas dan dompet pada para sepupu dan Budhe. Maunya yang harganya terjangkau tapi berkualitas. Lalu iseng saya cari di instagram, kata teman-teman bisa cari toko online dari media umum itu. Taraaa! Ketemu! Karena beli banyak, saya sanggup harga murah. Senang sekali rasanya. Apalagi ini tas dan dompet impor yang asli.

Karena bagi saya harganya sangat murah dibanding harga di pasaran, sedangkan kualitas tas dan dompetnya premium, maka coba-coba saya tawarkan pada teman-teman kerja. Awalnya mereka hanya terkejut. Sempat juga tertawa meremehkan perjuangan perdana saya untuk jualan. Ini kemudian menciptakan saya minder. Tapi lantaran tidak ingin rugi lantaran terlanjur stok banyak tas dan dompet, maka saya coba tawarkan lewat media sosial.


Iseng-iseng posting, eh ada yang minat. Hebatnya dunia maya itu, walau tak saling kenal tapi bisa saling percaya. Pembeli transfer sejumlah nominal tertentu, kemudian saya kirim pesanannya lewat ekspedisi. Begitu pesanannya sampai, beliau foto dan bilang terima kasih via whatsapp. Inilah yang kemudian saya capture dan dibagikan lewat mediasosial. Teman-teman kerja yang mengetahuinya jadi percaya kalau saya memang serius jualan. Dari situ, barulah mereka ikut memesan dan menjadi langganan dagangan saya.


Saya gres tahu bahwa apa yang saya lakukan (posting foto dagangan lewat media sosial) itu merupakan internet marketing, yakni pemasaran secara online melalui internet. Istilah lainnya: iklan. Tapi internet marketing tidak hanya sekedar jualan lewat internet, tapi juga harus bisa melaksanakan promosi biar ada yang tertarik beli, melaksanakan branding agar orang lain mengenal apa yang kita jual, serta membina hubungan dengan calon pembeli biar fiks beli dan jadi pelanggan. Hal ini semua dilakukan secara online.

Keuntungan internet marketing yang utama bagi saya ialah kepraktisannya. Di mana dan kapan saja, saya bisa melakukannya dengan modal smartphone dan kuota internet. Usahanya juga santai, tidak bikin capai alasannya yaitu tidak menguras tenaga untuk cuap-cuap dan menggelar barang dagangan. Cukup ketak-ketik caption yang menarik serta detail, dan menjawab pertanyaan calon pembeli serta meyakinkannya untuk jadi beli dengan iming-iming harga promo. Bagi saya yang dikenal cukup pemalu dikala berhadapan dengan orang banyak, terlebih yang tidak dikenal, internet marketing membantu perjuangan saya sehingga laris terjual.

Dengan media umum yang makin digandrungi banyak orang, internet marketing makin berkembang di Indonesia. Sudah banyak orang yang enggan ke pasar tradisional dan lebih menentukan praktek jual beli via online. Cara modern ini juga meningkatkan ekonomi masyarakat kita. Para pemilik toko di pasar tradisional pun bisa ikut memasarkan dagangannya lewat internet marketing biar semakin dikenal luas dan banjir pesanan. Makara bukannya malah mematikan bisnis offline, adanya internet marketing malah memajukan hal ini apabila bisa mengelolanya dengan baik.

Masih ingatkah dengan masalah demo para sopir angkutan umum lantaran maraknya ojek online? Ojek online dianggap penghambat rezeki mereka, alasannya yaitu para penumpang tidak lagi mau naik angkutan umum. Nah ojek online ini yaitu salah satu bukti keberhasilan internet marketing. Dengan penyebaran isu di media umum bahwa ada layanan transportasi yang gampang dan cepat pemesanannya lewat aplikasi, ojek online pun popular. 

Andai para sopir angkutan umum mengikuti kemajuan teknologi dan ikut memakai internet marketing yang baik, pasti pelanggannya tidak akan berkurang. Misalnya saja menciptakan woro-woro ngetem di terminal A jam sekian, atau jam sekian menunggu penumpang di depan pasar B, memudahkan kanal masyarakat untuk menemukan dan menaikinya. Tidak letih menunggu di pinggir jalan, lantaran menunggu itu melelahkan dan diterpa banyak debu jalanan.

Wahai sopir angkutan umum, contohlah beberapa sopir taksi yang sudah bergabung memakai internet marketing. Jalan sedikit, sanggup orderan. Penumpang sudah turun, eh ada lagi yang minta diantar ke tujuan. Rezeki tidak akan surut bila mau berusaha dan berinovasi. Bukan hanya berdiam diri menantikan hujan emas turun dari langit. Sebab internet merupakan salah satu media pemberi isu tercepat dan termudah yang digandrungi banyak orang, sehingga lewat internet marketing maka kita sanggup mengenalkan dan memasarkan perjuangan kita pada banyak orang. Ini gres namanya usaha.

Di Indonesia dikenal ada 2 kepingan dari internet marketing, yaitu :
1. Cara untuk Promosi
Segala macam produk atau bisnis sanggup dipromosikan melalui internet. Caranya bisa dengan menggunakan:
--- SEO (Search Engine Optimization)
SEO ini gratis, tapi butuh keahlian khusus dan waktu yang tidak instan. Optimasi dilakukan dengan memasang banyak sekali komponen sehingga gampang ditemukan oleh mesin pencarian. Dengan SEO yang baik, mengetik “tas dompet impor” di google maka akan mengarah ke website atau media umum milik kita di mana kawasan pemasaran itu berada. Tapi tidak banyak juga para internet marketer (sebutan untuk pelaku internet marketing) yang mengerti SEO, termasuk saya. Sehingga promosi jadi kurang optimal.

--- SEM (Search Engine Marketing)
Walau namanya menyerupai dengan SEO, tapi ini yaitu jaringan periklanan dari perusahaan search engine yang menampilkan iklan pada halaman hasil pencarian. Sebagai search engine yang banyak digunakan di Indonesia, Google mempunyai SEM berjulukan Google Adwords yang sanggup menampilkan iklan di kepingan atas dan bawah hasil pencarian memakai kata kunci yang dicari, contohnya “tas dompet impor” itu tadi. Peluang besar dalam mendapat calon pembeli, tapi butuh biaya juga untuk memakai layanan SEM ini. Google Adwords juga memakai sistem yang bernama PPC Advertising (PPC Ads). Bagi pelaku bisnis yang ingin dipromokan, bisa membayar sejumlah nominal tertentu biar muncul iklannya di jaringan situs publisher.

--- Email Marketing
Sering mendapat email-email yang berisi promo dari produk tertentu? Promo ini memakai jasa email marketing. Karena pribadi dikirimkan ke para pengguna email, termasuk taktik yang tidak mengecewakan efektif. Namun juga bisa menjadi spam karena dianggap pengganggu alasannya yaitu tiba terus menerus.

--- Mobile Advertising
Saat asyik main game pada ponsel tiba-tiba muncul iklan? Ini merupakan salah satu taktik dari Mobile Advertising. Karena hampir semua kalangan selalu membawa ponsel kemana-mana, cara promosi ini jadi banyak digunakan. Biasanya lewat SMS, BBM broad message, banner ads pada game dan aplikasi lainnya.

--- Social Media Marketing
Inilah yang saya lakukan untuk memasarkan dagangan saya. Dapat dilakukan secara gratis cukup dengan share foto dan keterangan barang yang dijual lewat media umum Facebook, Twitter, Instagram, Google+, dan sebagainya.

--- Pemasaran Melalui Forum dan  E-commerce
Sebelum E-commerce menyerupai Tokopedia, Blibli, Mataharimall, Bukalapak dan teman-temannya marak, promosi banyak dilakukan melalui lembaga yang membahas topik tertentu contohnya Kaskus. Forum termasuk efektif lantaran di sini juga berkumpul banyak pengguna internet, bisa saling sharing pengalaman memakai suatu produk dan mempromosikannya.



2. Sumber Penghasilan
Banyak orang yang memakai internet marketing untuk mendapat uang dengan cara mudah. Ini bisa jadi sumber penghasilan asal telaten melakoninya. Beberapa tipe internet marketing kepingan ini adalah:
- menjual produk sendiri dan orang lain
Mereka yang mempunyai perjuangan penjualan produk tertentu, bila digabungkan promosi lewat internet maka bisa mendatangkan rezeki. Pembeli makin banyak, alasannya yaitu infonya lebih cepat tersebar. Walau tidak punya dagangan sendiri lantaran butuh banyak modal, bisa juga berjualan tanpa modal menyerupai yang saya lakukan. 

Caranya dengan menjadi reseller atau dropshipper produk orang lain. Dengan kecanggihan internet, bisa menemukan supplier atau pemasok barang dagangan yang sempurna sehingga bila bisa ikut menjualkan dan sanggup untung. Supplier biasanya memperlihatkan harga yang lebih murah, jadi selisih harga antara harga jual dan beli dari supplier adalah laba yang didapatkan.

Lelang barang juga banyak dilakukan secara online. Hal ini menguntungkan lantaran penawaran dimulai dari harga termurah namun berakhir di harga tertinggi. Harganya bisa jauh lebih tinggi dari harga standar di pasaran. Oleh karenanya untung yang didapat juga jauh lebih banyak. Namun ini hanya berlaku pada barang-barang bermutu dan langka.

- afiliasi
Menjadi mediator antara penjual dan pembeli di dunia internet dengan upah yang didapat dari transaksi tersebut berjulukan afiliasi. Membantu mengembangkan produk lewat promosi sehingga orang tertarik tetapi pribadi diarahkan kepada penjualnya. Istilahnya hanya membantu cuap-cuap, tapi akibatnya pembeli pribadi berhadapan dengan penjual. Pada afiliasi, ada beberapa tipe, yakni: PPC (Pay Per Click) yang dihitung berdasar julah ‘klik’ iklan, PPS (Pay Per Sale) yang dibayar setiap kali terjadi pembelian produk serta PPL (Pay Per Lead) yang didapat bila berhasil mengarahkan pengguna internet untuk mendaftar pada email newsletter, free trial, atau mengisi formulir.

Karena banyak tipe dari tiap kepingan internet marketing, tidak heran bila kemajuannya di Indonesia terus mengalami peningkatan. Bahkan lantaran internet sekarang telah digunakan oleh lebih dari 260 juta penduduknya, Indonesia menjadi target pasar yang cukup menjanjikan dalam urusan pemasaran produk. Pun tingginya angka pengguna media umum memperlihatkan dampak yang efektif pendorong kampanye pemasaran digital di Indonesia. Sayangnya lantaran masih banyak yang kurang paham mengelola internet marketing, para pelaku bisnis stuck pada pendapatan tertentu per bulannya.

Misalnya saja saya yang kurang mahir SEO. Andai bisa memaksimalkan optimasi, toko online saya akan berada di baris teratas pada mesin pencarian. Calon pembeli akan pribadi terarah ke toko online saya dan produk lebih banyak terjual. Pendapatan tentunya akan terus meningkat per bulannya, dengan makin banyaknya pembeli online yang berdatangan lewat jasa internet marketing yang optimal.


Internet marketing yang optimal juga bisa lebih menyesuaikan targetnya sesuai afiliasi. Andai saya bisa mempelajarinya dengan baik, iklan afiliasi yang terpajang di blog saya ini tentu sudah banyak yang mengklik dan sukses melaksanakan transaksi. Lumayan kan komisinya. Sayangnya afiliasi yang terpasang masih belum sesuai target. Itulah mengapa pendapatan saya lewat afiliasi masih sangat kecil.

Ingin rasanya saya daftar dan menjadi siswi DUMET School. Ini yaitu kawasan kursus website, digital marketing, dan desain grafis yang berlokasi di Jakarta dan Depok. Dibuka semenjak tahun 2013, sekarang sudah ada lebih dari 5000 lulusannya yang sukses meraup rezeki dari dunia digital. Sampai dengan tahun 2017 ini, DUMET School telah mempunyai 5 cabang yang berlokasi di Kelapa Gading, Grogol, Tebet, Srengseng, dan Depok. Beruntung sekali yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Semoga selanjutnya bisa buka cabang di Jawa Timur sehingga saya bisa benar-benar jadi siswinya ya …


DUMET school mengajarkan cara mendapat customer di internet dengan cepat, gampang dan efektif lewat kursus digital marketing yang dimilikinya. Dengan biaya yang terjangkau, ada 7 kelas pembelajaran yang diajarkan hingga mahir, yakni: WordPress, SEO, Facebook Ads & Instagram Ads, Adwords Search, Youtube Ads, Email Marketing, dan Landing Page. Inilah yang diharapkan internet marketer biar maksimal perjuangan promosi dan penghasilannya. 

Bagi yang awam soal otak-atik internet, mungkin merasa materi-materi ini susah dan butuh waktu usang mempelajarinya. Bukan duduk kasus besar, lantaran DUMET school memperbolehkan mengulang kelas (reseat) sepuasnya dan bahkan di-support seumur hidup dengan gratis konsultasi selamanya. Makara begitu lulus, tidak akan lepas begitu saja. Begitu ada kesulitan, pribadi tanya ahlinya dan perkembangan alumninya selalu dipantau untuk memastikan kesuksesan yang diraih.

Siapa saja yang ingin bisa digital marketing bisa jadi siswa/siswi DUMET school. Entah itu pelajar, mahasiswa, fresh graduate, freelancer, staff profesional, pemilik bisnis besar ataupun perjuangan rumahan atau Usaha Kecil Menengah (UKM), dan lain sebagainya. Terutama bagi ibu rumah tangga menyerupai saya yang ingin mempunyai penghasilan sendiri dari rumah, bisa memaksimalkan internet marketing dengan mempelajarinya dari DUMET school.


Keunggulannya yaitu jadwal fleksibel menyesuaikan waktu luang siswa/siswinya, boleh menentukan jam kursus dan semi privat yang meskipun hanya ada 1 siswa/siswi, pembelajaran tetap diberikan. Diajar sampai bisa, berulang-ulang tidak duduk kasus asalkan siswa/siswinya mengerti dan benar-benar memahami apa yang diajarkan. Kursus digital marketing jadi tidak sia-sia, bukan hanya asal bayar, tiba kemudian pulang. Tapi mengerti 100% dan bisa mempraktekkannya. Plus gratis konsultasi jadi sesudah lulus masih dipantau perkembangannya. Kalau ada kesulitan, boleh kembali bertanya pada DUMET school.


Masih ada ekstranya lagi nih. Ingin free trial? Ada kelas gratis yang bisa dicoba. Tinggal hubungi  infodumetschool.com atau telepon ke nomor 021-2941-1188. Bila cocok, bisa pribadi meneruskan kelas digital marketingnya. Tapi yakin deh 100% akan berkelanjutan alasannya yaitu siapa sih yang nolak mendapat ilmu yang bisa diterapkan seumur hidup dan nantinya bisa mendapat penghasilan secara gampang dan mudah dari internet?

Rezeki kok ditolak?
Cukup gebetan pemberi keinginan palsu (PHP) yang wajib kalian tolak! Setuju?


Update 30 Nov 2017:

Alhamdulillah masuk 10 besar. Lumayanlah bagi yang gak begitu paham seluk beluk internet. Tahunya mainin doang. Hihi


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel