Cara Sempurna Minum Susu Bagi Ibu Hamil




Masa hamil adalah masa yang sangat sensitif. Karena terjadi perubahan hormon, kadangkala ibu hamil merasa mual dan muntah. Nafsu makan jadi menurun, padahal kebutuhan nutrisi selagi hamil meningkat. Untuk itulah minum susu menjadi salah satu jawaban penanganan problem ini. Mengapa? Sebab selain enak, cara mengkonsumsinya pun mudah, tinggal diminum. Setidaknya ada nutrisi yang masuk dan gampang diserap tubuh.




Dulu saya tidak mau minum susu hamil. Mind set awal: tubuh saya sebelum hamil saja gampang gemuk. Apalagi dikala hamil? Kalau ditambah minum susu, saya takut berat tubuh jadi overweight. Namun sesudah hadir di sebuah seminar wacana pentingnya nutrisi selamakehamilan yang sanggup dibaca di LINK ini, saya jadi menyadari kesalahan saya dan rajin minum susu hamil. Demi si janin, biar ia tumbuh sehat dan normal.

Ada beberapa susu hamil yang malah menciptakan ibu hamil mual dikala mengkonsumsinya. Padahal dosis gizinya begitu pas. Bila mengalami hal tersebut, segera ganti dengan susu segar atau ultra high temperature (UHT) atau susu murni yang diawetkan dengan cara pasteurisasi memakai suhu tinggi. Mual dan muntah yang makin parah dikala mengkonsumsi susu hamil sanggup saja terjadi lantaran kandungan kalsium dan zat besi yang terlalu tinggi. Perbedaan susu hamil dan susu UHT hanya pada kandungan asam folat, lebih tinggi kandungan asam folat pada susu hamil. Selain itu, ibu hamil juga menerima tambahan pemanis atau pil asam folat dari bidan atau dokter, bukan? Jadi, walau tidak minum susu hamil, tidak masalah, lantaran telah terganti oleh susu UHT yang tidak merangsang mual tetapi mencukupi nutrisi.

Baca Juga :


Terkadang kita berpikir, untuk menambah khasiat dari pemanis vitamin yang ibu  hamil konsumsi, perlu segera konsumsi susu biar penyerapannya semakin optimal. Padahal salah kaprah! Jangan meminum susu dan vitamin secara bersamaan. Susu merupakan penetral. Bila vitamin dan susu diminum bersamaan, maka yang terserap oleh tubuh adalah kandungan dari susu. Jumlahnya tentu masih kurang lantaran janin membutuhkan vitamin yang cukup untuk ketahanan dan pembentukan organ. Karena itu, beri jeda waktu antara minum susu dan vitamin. Sekitar 1-2 jam, sudah cukup. Untuk mencari tahu pemanis vitamin apa yang saya konsumsi di masa kehamilan ini, silakan baca LINK berikut. Serta perbedaankandungan pemanis vitamin kehamilan yang saya konsumsi dengan produk lainnyayang juga sanggup dibaca di LINK berikut. Semoga banyak membantu ^^

Saya sarankan: minumlah susu pada pagi atau siang hari, sedangkan konsumsi vitamin pada malam hari menjelang tidur. Rutinitas ini baik dilakukan lantaran ada beberapa vitamin yang memicu terjadinya mual dan muntah, ibarat pemanis zat besi. Bila ingin juga meminum susu pada pagi hari, ibarat saran sebelumnya, berikan jeda  waktu. Tetapi tentunya agak usang biar tidak terjadi mual yang menjadikan susu terpaksa harus dikeluarkan kembali dari jalan masuk cerna.

Vitamin bagi ibu hamil sanggup didapat dari buah dan sayur yang dikonsumsi. Bisa juga dari pemanis vitamin yang didapat atas resep dokter kandungan, atau saran dari bidan yang memeriksa. Saya suka sekali nyemil mangga muda, kaya vitamin C. Setelah beberapa jam makan buah, gres setelahnya minum susu hamil. Bukan eksklusif minum susu sesudah nyemil buah, keuntungannya tidak akan terserap sempurna. Kan jadi sia-sia.


Tetap sehat selama hamil, ya… Minum susu selain rasanya yummy dan segar, juga menciptakan perut kenyang plus gizi ibu dan janin terbantu tercukupi. Kalau susu hamil dirasa mahal, boleh diganti susu sapi segar atau UHT. Jujur dikala ini sesudah stok susu kehamilan saya habis, saya menentukan konsumsi susu sapi segar yang penjualnya lewat depan rumah tiap pagi. Tapi pemanis vitamin saya adalah suplemen yang sudah mengandung asam folat dan DHA dengan kebutuhan cukup untuk saya dan janin. Susu membantu saya mencukupi zat besi dan kalsium serta fosfor yang saya butuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta untuk pembentukan tulang dan gigi si ‘dedek’.

Demikian secuil isu yang saya ketahui wacana susu hamil. Semoga sangat bermanfaat yak =)



Salam manis,


tha_


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel