Arti Garis Tangan Simian Line

www.kata-artha.com --- goresan pena usang yang sudah beredar di kaskus ^^


Ada banyak hal yang terjadi dalam hidup saya, dan saya rasa semuanya aneh. Tidak ada yang berjalan semulus orang lain. Ibaratnya, hidup orang lain itu mirip ketika melaju di jalan tol, sedangkan saya di jalan tikus. Tujuannya sama, hanya saja waktu tempuh dan area yang dilalui sangatlah berbeda.

Alhamdulillah… sehabis menikah, kini saya merasa hidup jauh lebih berwarna. Dulu sempat pesimis dan bahkan hampir bunuh diri, beruntung dikala itu ada motivasi hidup. Tapi yah itu masa lalu. Terkadang saya bersyukur mempunyai garis tangan mirip ini. Bak sosok yang jauh lebih ‘kuat’ dari orang lain, garis tangan ini mempunyai ‘jalur hidup’ yang fantastis dan dramatis.

Apa yang salah dengan diri saya ya?


Apa garis tanganmu mirip ini?” teringat chat yang menjadi salah satu pemicu semangat saya untuk terus bertahan hidup, demi masa depan yang lebih baik.



Ini garis tangan kami, sama-sama lurus. Li ini ialah nama di masa kemudian saya. Suami (yang selanjutnya pada blog ini saya panggil “Mas Boz”) tahu smua kisah kami, jadi bukan duduk kasus besar. Toh yang kini saya bahas ialah wacana garis tangan saya.

Garis tangan kami ini namanya ‘simian line’. Katanya pemilik garis tangan unik ini hanya ada 3% di dunia, di Asia sendiri sekitar 14%. Pemiliknya kebanyakan ialah laki-laki. Kata simian sendiri mengacu pada spesies kera, sebab memang pada semua monyet didapati telapak tangan yang punya satu garis saja. Tapi yakinlah, saya 100% manusia, bukan jelmaan siluman kera >.<

Kalau kata orang jawa, telapak tangan kami namanya ‘Tapak Jalak’. Dulu Pakdhe pernah pesan kalau jangan sembarangan mukul orang pakai tangan kiri, rasanya akan sakit sekali. Mitosnya juga orang yang bergaris tangan lurus mirip kami, doanya seringkali dikabulkan Allah (aamiin!). Ya, tidak semuanya sih. Seringkali lah. Kebanyakan yang tidak sengaja terucap, mirip terlontar spontan. Tidak sadar bicara apa, eh kejadian. Semoga saja saya gak jadi kebiasaan ngualati orang.

‘Simian line’ artinya single transverse palmar crease atau lipatan garis tangan yang melintang tunggal. Pada orang biasa, ada dua garis mayor horizontal yang terpisah. Yang akrab dengan 4 jari namanya garis kepala, sedangkan yang mengarah pada lengan namanya garis hati. Pemilik simian line hanya punya 1 garis horizontal yang merupakan perpaduan garis hati dan garis kepala. Konon, menyatunya kedua garis tersebut menunjukkan bahwa pemiliknya akan susah memisahkan antara emosi (garis hati) dan rasio (garis kepala).


Dulu, saya kira garis tangan saya ini aneh. Di sekitar saya tidak ada yang punya garis tangan mirip ini. Hingga beberapa kurun tahun kemudian saya bertemu Li, saya melihat banyak kemiripan antara saya dan dia: sama-sama aneh, sama-sama sok mandiri, sama-sama punya tujuan hidup yang ... mungkin bisa menciptakan orang lain geleng-geleng kepala. Namun ternyata sebab tujuan hidup kami berbeda, maka … byebye! Ok, skip.

Menurut Ilmu Membaca Garis Tangan (Palmistry), pemilik simian line ibarat pedang bermata dua. Di satu bisa berkemampuan berpengaruh dalam memfokuskan diri pada satu hal tertentu yang disukainya, namun di sisi lain berkecenderungan melaksanakan sesuatu tanpa pikir panjang-hiper aktif-agresif dan cenderung tidak sabaran. Orang simian line akan sangat sukses bila berkarir di bidang disukai hatinya, namun sebaliknya... akan terpuruk bila mengerjakan sesuatu sebab terpaksa.

Karena kemampuannya dalam terfokus pada satu hal, seringkali orang simian line mudah mencapai apa pun keinginannya. Namun, juga sering menghadapi lebih banyak cobaan hidup. Kalau sedang beruntung, akan beruntung sekali. Tapi kalau pas merugi, akan sangat merugi. Katanya, orang dengan karakteristik ini banyak mengubah dunia, baik untuk kebaikan maupun untuk keburukan. 

Misalnya beberapa tokoh mirip perdana menteri Inggris Tony Blair, mantan perdana menteri Rusia Nikita Kruschev, mantan presiden B.J. Habibie, petinju Moh. Ali, penulis John Steinbeck dan masih banyak lagi. ini. Juga ada banyak tokoh radikal yang dilahirkan dari kalangan pemilik garis tangan simian line. Tapi berdasarkan kepercayaan Bangsa Yunani, pemilik garis tangan ini ialah prajurit terbaik dan terkuat dalam pasukan perang Spartan Yunani.

Kalau dari segi medis, katanya bayi yang dilahirkan dengan down syndrome (keterbelakangan mental) hampir semuanya mempunyai simian line. Beberapa kelainan kromosom lainnya mirip Aarskog syndrome, Turner syndrome, Klinefelter syndrome, juga menunjukkan ciri khas ini. Selain itu, ibu hamil yang terserang TORCH atau rubella (campak Jerman), atau ibu hamil pengkonsumsi alkohol, juga beresiko melahirkan bayi dengan kelainan kongenital yang ditandai dengan ‘palmar crease’, istilah lain dari simian line.

Menyedihkan, ya? Sepanjang pengetahuan saya, ketika Mama hamil saya memang sempat mengalami perdarahan berkepanjangan. Karenanya Mama diharuskan terus mengkonsumsi vitamin penguat kandungan. Namun, saya tidak mengalami hal-hal ‘berat’ mirip kelainan kongenital, kromosom dan sebagainya. Sehat wal’afiat, Alhamdulillah.

Orang dengan simian line tidak selalu mengindikasikan cacat bawaan. Dari hasil survei, ada 10% insan mempunyai simian line pada salah satu telapak tangannya (termasuk saya), dan 5% dengan simian line pada kedua telapak tangannya. Ada satu mitos lagi bahwa bila garis kepala (yang bila garis itu dari arah jempol) bertemu dengan garis hati (yang garis itu dari arah kelingking), maka yang ‘simian line’ ini rawan terkena sakit jantung. Uuu... Takuuut!

Menurut penelitian, disebutkan bahwa orang dengan garis lurus ini cenderung bersikap absolut, sehingga terkesan egois, ambisius dan pantang menyerah. Ini sifat yang hampir sama dengan watak shio ular yang saya ceritakan pada postingan sebelumnya. Hal semacam ini tentu bisa membawa kepada hal yang positif atau yang negatif. Karenanya, simian line yang lebih sering dijumpai pada telapak tangan kiri dianggap ‘lebih aman’ dibandingkan bila ada pada kedua belah telapak tangan.

Orang simian line kebanyakan menyukai hal-hal unik dan berbeda. Kami secara intuitif niscaya akan bertemu orang simian line lainnya; entah itu kekerabatan keluarga, teman, pacar, atau rekan bisnis. Seperti bagaimana ketika saya bertemu Li, dulu. Kalau sudah bertemu, kebanyakan kekerabatan akan langgeng dan positif. Kebanyakan yah… dikasus saya ternyata tidak langgeng, haha.

Menurut kepercayaan Jawa Kuno, pemiliknya kelak akan hidup berkecukupan. Bahkan banyak yang meramal kalau pemilik tipe garis simian line ialah sosok yang sangat setia terhadap pasangannya. Aamiin! Mas Boz, aylaview full… <3

Bagaimana garis tanganmu? Coba cek, deh. Siapa tahu kalian juga simian line, sama mirip saya ^^

Eh... tapi jangan terlalu percaya dengan garis tangan. Namanya juga mitos. 

Nah sekarang... Coba kini genggam tangan kalian...


Arti genggaman tangan itu … telapak tangan yang tertutup oleh jari-jari itu kawasan di mana Allah menaruh takdir yang kau tentukan sendiri melalui usaha. Sedangkan yang terbuka itu urusan Allah

Kaprikornus insan harus berusaha sebaik-baiknya bila ingin sukses. Selain takdir yang didapat dari perjuangan kita tersebut, ada Kuasa Allah yang Maha Esa. Semoga semua yang kita usahakan memperoleh ridhoNya sehingga tak sia-sia dan hasil balasannya sesuai dengan apa yang diimpikan. Aamiin. Semangat!



Salam manis,


Tha_

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel